Header Ads

Adbox

Frame size dan aspect ratio


Frame size adalah ukuran lebar x tinggi video dalam satuan piksel. Sedangkan aspect ratio adalah perbandingan lebar : tinggi.

Apa beda keduanya?

Analogi sederhananya begini..

Kalau tinggi saya adalah 150 cm, sedangkan adik saya 100 cm.. maka saya 1,5 kali lebih tinggi dari adik saya. Dengan kata lain perbandingan tinggi saya dan adik saya adalah 1,5 : 1 atau 3:2.

150 cm dan 100 cm adalah frame size, sedangkan 3:2 adalah aspect ratio.

Namun dalam video, yang dibandingkan adalah lebar dan tingginya dalam satuan piksel.



Maka.. dalam video, frame size menentukan ketajaman gambar (jumlah pikselnya), sedangkan aspect ratio memastikan bahwa di mana pun kamu memutarnya, ukurannya tetap proporsional.



Frame size, kita lebih sering menyebutnya ‘resolusi’.

Ada tiga jenis resolusi yang perlu kamu ingat saat ini:

720p (1280 x 720 pixel)

1080p (1920 x 1080 pixel)

4K (3840 x 2160 pixel)

Semuanya ada dalam aspect ratio 16:9

Lihat perbandingannya..



Mengingat resolusi cukup mudah:

720p tingginya 720 piksel

1080p tingginya 1080 piksel.

4K lebarnya mendekati 4000 piksel


Ingat.. huruf ‘p’ dalam 720p dan 1080p bukanlah ‘pixel’ tapi ‘progressive’. Baca Interlace dan Progressive.




Format resolusi di sequence Premiere

Selain 16:9, ada dua aspect ratio yang juga harus kamu kenal.. 4:3 untuk SDTV dan 2.39 : 1 untuk sinema.



Pastikan aspect ratio sama ketika membuat setting project antara sequence dan videonya. Supaya gambar tepat mengisi bingkai video (disebut full frame). Kalau tidak, akan meninggalkan area kosong yang disebut letterbox dan pillarbox.



Tapi, para film maker indie biasanya malah sengaja membuatnya letterbox pada video 16:9 dengan menambahkan cinemasope agar kelihatan lebih cinematic.



Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.