Header Ads

Adbox

Color sampling


Tahu angka 422 dalam Apple ProRes 422? Itulah color sampling.
(Menjelaskan color sampling ini cukup rumit. Kalau kamu pusing, sebaiknya loncati bagian ini)
Seperti kamu tahu bahwa warna adalah pencampuran dari 3 warna dasar: red, green, dan blue (RGB).
Karena video terdiri atas piksel-piksel.. maka untuk membentuk sebuah gambar berwarna, setiap piksel harus memiliki informasi RGB yang berbeda-beda bukan?
Tapi ada fakta menarik.
Mata manusia lebih peka terhadap kontras (perbedaan gelap dan terang), dibandingkan perbedaan warna. Perbedaan gelap terang ini disebut luma (disimbolkan Y), sedangkan perbedaan warna disebut Chroma (disimbolkan C).
Fakta ini dimanfaatkan oleh para ahli teknisi digital untuk meringkas data digital dengan mengurangi Chroma pada beberapa piksel. Toh, mata manusia tidak akan terlalu melihat perbedaannya.
Inilah yang disebut color sampling.
Color sampling menggunakan rumus J:a:b
J adalah banyaknya piksel horisontal yang disampling, biasanya 4
a adalah banyaknya piksel yang diberi informasi chroma di baris pertama
b adalah banyaknya piksel yang diberi informasi chroma di baris kedua
Ambil contoh color sampling 4:2:2
(perhatikan bagian C)
Screenshot_4_3_16__17_52-3
Artinya dari setiap 4 piksel, baris pertama hanya di isi 2 informasi chroma (2 piksel digabung). Begitu pun baris ke dua. Walaupun begitu, karena informasi luma (Y) tidak dikurangi di setiap pikselnya.. kita melihat hasilnya bahwa warna di setiap piksel tetap berbeda (karena gelap terangnya berbeda).
Dengan cara ini, maka data digital menjadi lebih ringkas. File lebih kecil.
Pusing? Tidak apa-apa.
Ini bagian pentingnya..
Kamu hanya perlu mengetahui 3 tipe color sampling:
4444 : Gunakan format ini untuk compositing maksimal: rotoscoping, color grading, greenscreen, atau grafis. Karena setiap pikselnya utuh. Dengan format ini, proses compositing lebih akurat. Tapi, filenya akan lebih besar.
(angka 4 di ujung menunjukkan bahwa semua piksel memiliki informasi alpha channel)
422 : Gunakan format ini untuk video dengan kualitas standar (tanpa compositing).
420 : Gunakan format ini hanya untuk output. Karena akan menghasilkan file yang lebih kecil (H.264 akan memiliki format 420)
Screenshot_4_3_16__18_12
Format Apple ProRes dengan color sampling
Kalau kamu menggunakan After Effect untuk membuat grafis dan hasilnya digunakan di Final Cut Pro, export ke dalam Apple ProRes 4444 supaya ringan dan tetap memiliki alpha channel.
(Apple ProRes 4444 setara dengan codec Animation)


Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.